cover
Contact Name
Refni Wahyuni
Contact Email
refniabid@gmail.com
Phone
+6281365563364
Journal Mail Official
anita@htp.ac.id
Editorial Address
Jalan Mustafa Sari No 5 Tangkerang Selatan, Pekanbaru
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
Jurnal Ilmu Komputer
ISSN : 2302710X     EISSN : 25793918     DOI : https://doi.org/10.33060/JIK
Core Subject : Science,
Jurnal Ilmu Komputer adalah jurnal yang dikhususkan untuk penelitian penelitian yang termasuk dalam bidang keilmuan komputer dan informatika. Jurnal Ilmu Komputer dikelola sepenuhnya oleh STMIK Hang Tuah Pekanbaru dan terbit 2 kali dalam setahun pada bulan april dan bulan oktober. Focus and Scope Jurnal Ilmu Komputer adalah jurnal yang dikhususkan untuk penelitian penelitian yang termasuk dalam bidang keilmuan komputer dan informatika. Jurnal Ilmu Komputer dikelola sepenuhnya oleh STMIK Hang Tuah Pekanbaru dan terbit 2 kali dalam setahun pada bulan April dan Oktober
Articles 13 Documents
Search results for , issue "Vol 11 No 1 (2022): Jurnal Ilmu Komputer" : 13 Documents clear
RANCANG BANGUN SISTEM PARKIR PINTAR BERBASIS SUARA SINTESIS MENGGUNAKAN ARDUINO MEGA2560 Marcelinus Petrus Saptono; Ery Murniyasih; Pujianti Wahyuningsih
Jurnal Ilmu Komputer Vol 11 No 1 (2022): Jurnal Ilmu Komputer
Publisher : STMIK Hang Tuah Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33060/JIK/2022/Vol11.Iss1.235

Abstract

Indonesia merupakan negara yang mayoritas penduduknya menggunakan kendaraan pribadi pada setiap aktivitas yang dilaksanakan diluar rumah. Peningkatan kendaraan yang terus- menerus terjadi setiap tahunnya mengakibatkan perlunya penyediaan lahan parkir yang memadai. Oleh karena itu, kebanyakan lahan parkir dibuat secara indoor dan vertikal. Penelitian ini bertujuan untuk mendesain perancangan sistem parkir otomatis dengan menggunakan suara sebagai pemandu dalam melakukan parkir. Pada penelitian ini menggunakan modul sensor ultrasonic, sensor laser, motor servo, LCD ST7920 128x64, Buzzer dan speaker. Pada penelitian ini LCD akan menampilakn citra dari bentuk parkiran serta nomor parkiran kemudian kendaraan akan dipandu melalui suara menuju lahan parkir yang tersedia hingga pengemudi selesai dalam memarkirkan kendaraanya. Apabila dalam proses parkir mundur kendaraan menginjak garis maka sesor laser akan terputus dan buzzer akan berbunyi dan semua sensor akan di proses dengan menggunakan Arduino Mega2560. Hasil penelitian ini adalah sensor ultrasonic bekerja pada jarak dari 2 cm dengan menggunakan skala 3 :1000 yang berarti ukuran 1 meter di lapangan sama dengan ukuran 3 cm pada prototype pada penelitian ini. Skala yang ditentukan pada rancang bangun penelitian ini dibuat memiliki panjang 55 cm dan lebar 40,5 cm dengan kapasitas maksimal 6 kendaraan mobil.
RANCANG BANGUN APLIKASI OLAHRAGA RUMAHAN BERBASIS ANDROID Mardeni ST,.M.Kom
Jurnal Ilmu Komputer Vol 11 No 1 (2022): Jurnal Ilmu Komputer
Publisher : STMIK Hang Tuah Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33060/JIK/2022/Vol11.Iss1.236

Abstract

Saat ini, pandemi COVID-19 mengakibatkan ancaman bagi masyarakat dalam hal kesehatan, ekonomi, dan gaya hidup. Salah satu cara yang dapat dilakukan dalam mencegah Covid-19 adalah tetap menjaga kesetan dengan cara ruting melakukan olahraga. Olahraga rumahan menjadi solusi bagi masyarakat karena tidak perlu melakukan olahraga diluar dan jauh dari keramaian. Aplikasi Olahraga rumahan berbasis android diharapkan bisa memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam melakukan olahraga dirumah. Pada aplikasi disajikan tutorial berupa deskripsi dan video olahraga rumahan sehingga memudahkan masyarakat dalam melakukan olahraga dirumah secara mandiri.
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN MAHASISWA PENERIMA BEASISWA DI STIKES HANG TUAH MENGGUNAKAN METODE ANALITYCAL HIERARCHY PROCESS (AHP): SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN Abdi Muhaimin Abdi Muhaimin; Bambang Kurniawan; Haris Tri Saputra
Jurnal Ilmu Komputer Vol 11 No 1 (2022): Jurnal Ilmu Komputer
Publisher : STMIK Hang Tuah Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33060/JIK/2022/Vol11.Iss1.238

Abstract

STIKes Hangtuah sebagai lembaga pendidikan yang sudah terakreditasi memiliki 4 (empat) program studi yaitu ilmu kesehatan masyarakat, Kebidanan, Keperawatan, Teknik Gigi, dan Perekam dan informatika kesehatan (Pikes). STIKes. Untuk itu diperlukan suatu aplikasi pendukung keputusan untuk memilih mahasiswa penerima beasiswa. Sistem Pendukung Keputusan (SPK) memungkinkan pengguna untuk melakukan pengambilan keputusan dengan lebih cepat dan tepat. Metode yang digunakan adalah metode Analytic Hierarchy Process (AHP). Alasan penggunaan metode AHP adalah karena metode AHP melakukan seleksi dengan proses pembentukkan hierarki terlebih dahulu, sehingga memudahkan peneliti dalam proses penelitian. Proses penelitian selanjutnya dilakukan berdasarkan prosedur AHP. Kriterianya adalah semester, indeks prestasi kumulatif (IPK), penghasilan orang tua, jumlah tanggungan orang tua dan wawancara. Kata Kunci : Sistem Pendukung Keputusan (SPK), Analytic Hierarchy Process (AHP).
SISTEM KONTROL KUNCI PINTU RUMAH MENGGUNAKAN FINGERPRINT SMARTPHONE ANDROID BERBASIS ARDUINO UNO Haris Tri Saputra; Abdi Muhaimin; Bambang Kurniawan
Jurnal Ilmu Komputer Vol 11 No 1 (2022): Jurnal Ilmu Komputer
Publisher : STMIK Hang Tuah Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33060/JIK/2022/Vol11.Iss1.239

Abstract

Kunci pintu rumah merupakan elemen penting dalam sebuah pintu rumah. Tanpa kunci, pintu rumah tidak akan bisa terbuka. Saat ini, kunci pintu rumah masih banyak yang menggunakan kunci konvensional, tetapi juga sudah ada yang menggunakan teknologi fingerprint. Kelemahan yang dapat dilihat dari kunci pintu saat ini adalah kunci yang sering hilang dan hanya dapat membuka pintu dari satu sisi saja. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dibuatlah sebuat alat pengontrol kunci pintu rumah menggunakan sensor fingerprint yang ada pada Smartphone Android, Arduino Uno, dan Bluetooth HC-05, dan Selenoid Doorlock sehingga kunci pintu bisa dibuka dari dua arah.
Jurnal APLIKASI REKRUTMEN TENAGA AD HOC PEMILU TINGKAT PPK DAN PPS BERBASIS WEB DI KPU KOTA PEKANBARU: APLIKASI REKRUTMEN TENAGA AD HOC PEMILU TINGKAT PPK DAN PPS BERBASIS WEB DI KPU KOTA PEKANBARU Siti Dahlia; Uci Rahmalisa; Hendy Fonda
Jurnal Ilmu Komputer Vol 11 No 1 (2022): Jurnal Ilmu Komputer
Publisher : STMIK Hang Tuah Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33060/JIK/2022/Vol11.Iss1.240

Abstract

Pemilu merupakan kegiatan pemilihan calon pemimpin baru yang dilaksanakan setelah masa aktif pemimpin telah selesai. Pemilu dilaksanakan serentak di setiap daerah dimana yang bertanggung jawab untuk pelaksana kegiatan pemilu adalah lembaga Komisi Pemilihan Umum. Lembaga KPU menggunakan Tenaga kerja ad hoc untuk tenaga tambahan untuk membantu melaksanakan proses pemilu berjalan dengan lancar. Pemilihan anggota ad hoc dilakukan dengan syarat yang ketat agar mendapatkan Tenaga anggota yang jujur dan bertanggung jawab dengan tugasnya. Saat ini sistem rekrutmen Tenaga ad hoc pada KPU Kota Pekanbaru masih menggunakan sistem manual, sehingga membutuhkan waktu lama untuk proses penilaiannya. Maka untuk mengatasinya dibangun aplikasi rekruitmen tenaga kerja ad hoc pemilu dengan sistem online. Tujuannya agar proses pendaftaran bisa dilakukan secara online, proses pengujian bisa secara online, dan hasil penilaian dapat diolah secara terkomputerisasi. Setelah dilakukan pengujian pada aplikasi, hasilnya menunjukkan aplikasi berfungsi dengan baik dan sesuai harapan. Adapun pengujian simulasi ditempat penelitian mendapatkan respon yang positif dimana setelah diuji coba aplikasi mampu memberikan penilaian tes secara terperinci. Dengan adanya aplikasi ini KPU Pekanbaru dapat menyeleksi calon tenaga ad hoc lebih mudah dan efisien.
Security Alarm Rumahan Berbasis Suara dan SMS Gateway Mengggunakan Mikrokontroler Arduino Uno Atmega 328 dan Sensor Passive Infra Red (PIR) Yulisman Yulisman; Mulya Rispani; Mardeni Mardeni; Akhmad Zulkifli; Yuda Irawan
Jurnal Ilmu Komputer Vol 11 No 1 (2022): Jurnal Ilmu Komputer
Publisher : STMIK Hang Tuah Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33060/JIK/2022/Vol11.Iss1.241

Abstract

Abstract The development of advanced Information Technology by greatly improving human thought patterns. This home security problem can be overcome with a security system that can be delivered to homeowners via SMS notification (Short Message Service) compilation of plow sensors accepting people who enter the compilation house when it is installed and the system is in standby and the alarm will sound and the sound module has been designed to provide information about the movement in the house. To minimize this crime, the need for tools that can help improve home security. Based on the overall system test results in accordance with the desired that the security system can be used in a supported system, where when the PIR sensor supports movement the buzzer will sound, the red LED lights up, the sound module issues the expected voice message and the GSM module will send a message to the homeowner's mobile number. PIR sensor will work optimally if the object is detected by humans with a maximum distance of 6 meters. While for animals (cats), the success is only 40%, and plants cannot be detected at all by the PIR sensor and the GSM module will send a verification message to the cellphone owner in less than 1 minute. This tool is more effectively used in a room that provides valuable items, for example in a room or other room. Keywords: Alarm, Arduino Uno Atmega 328, Home Security, SMS Gateway, Sensor PIR Abstrak Perkembangan Teknologi Informasi yang maju dengan pesat sangat mempengaruhi pola pikir manusia. Masalah keamanan rumah ini dapat diatasi dengan sebuah sistem keamanan yang dapat memberitahukan kepada pemilik rumah melalui notifikasi SMS (Short Message Service) ketika sensor pir mendeteksi adanya orang yang masuk kedalam rumah ketika rumah dalam keadaan terkunci dan sistem dalam keadaan standby dan alarm akan berbunyi serta modul suara yang telah dirancang dapat memberikan pemberitahuan bahwa ada pergerakan didalam rumah. Untuk meminimalisir kejahatan ini, perlu adanya sebuah alat yang dapat membantu menigkatkan penjagaan keamanan rumah. Berdasarkan hasil pengujian sistem secara keseluruhan telah sesuai dengan yang diinginkan yaitu security system dapat bekerja dalam satu system yang terintegrasi, dimana saat sensor pir mendeteksi pergerakan maka buzzer akan berbunyi, lampu led merah menyala, modul suara mengeluarkan pesan suara yang sudah direkam sebelumnya dan modul GSM akan mengirimkan pesan kepada nomor handphone pemilik rumah. sensor PIR akan bekerja maksimal jika obyek yang dideteksi adalah manusia dengan jarak maksimal 6 meter. Sedangkan untuk binatang (kucing) keberhasilannya hanya 40%, dan tumbuhan sama sekali tidak dapat dideteksi oleh sensor PIR dan modul GSM akan mengirimkan pesan peringatan kepada handhphone pemiliki rumah dalam waktu kurang lebih 1 menit. Alat ini lebih efektif digunakan diruangan yang privasi yang terdapat barang-barang berharga, misalnya diruangan kamar atau dirungan lainnya. Kata Kunci : Alarm, Arduino Uno Atmega 328, Keamanan Rumah, SMS Gateway, Sensor PIR
APLIKASI LAYANAN ADMINISTRASI MAHASISWA BERBASIS WEB Eka Ramdan Permana; Puji Astuti
Jurnal Ilmu Komputer Vol 11 No 1 (2022): Jurnal Ilmu Komputer
Publisher : STMIK Hang Tuah Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33060/JIK/2022/Vol11.Iss1.242

Abstract

The application of information system technology in universities is a unique attraction for students or prospective students, including administration that carries out administrative processes in education. It can be ascertained that gradually universities that are less touched by technology will be abandoned by prospective students, technology as a means or a tool to simplify human life in general, making Web-based student administration applications can help student administration systems that can reduce student complaints at the agency in terms of correspondence, and payment confirmations, or information about the campus, so it does not require students to come to campus. In my research method, I use a waterfall model method from the Software Development Life Cycle (SDLC), so I can design a system in handling letter writing with information on taking the note itself with updated information about the college environment, and this is something of a breakthrough in technology that accommodates a complaint in a community group.
APLIKASI CHATBOT SEBAGAI CUSTOMER SUPPORT UNTUK MENINGKATKAN PELAYANAN TERHADAP CALON MAHASISWA: APLIKASI CHATBOT SEBAGAI CUSTOMER SUPPORT UNTUK MENINGKATKAN PELAYANAN TERHADAP CALON MAHASISWA Eka Sabna
Jurnal Ilmu Komputer Vol 11 No 1 (2022): Jurnal Ilmu Komputer
Publisher : STMIK Hang Tuah Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33060/JIK/2022/Vol11.Iss1.249

Abstract

Abstract Along with the times, by implication it has supported the development of technology very rapidly. Information is one of the keywords nowadays. Currently information can be obtained through various kinds of media - conventional media or online, the need for information is increasing not only in terms of the information itself that is needed but information is also required to be accessed faster, more accurately, and more easily. Chatbots work to replace the role of humans in serving conversations through messaging applications. The chatbot that was developed was named HangtuahBot. HangtuahBot uses Natural Language Processing (NLP) technology with a Knowledge Base of the usual greetings, greetings and from keywords that are often asked by prospective new students. This chatbot was created using the Python Programmer. Keywords: chatbot, service, new student, python, hangtuahBot Abstrak Seiring dengan perkembangan zaman, secara implikasi telah menunjang perkembangan teknologi dengan sangat pesat. Informasi adalah salah satu kata kunci pada masa kini. Saat ini informasi bisa didapatkan melalui berbagai macam media – media konvensional atau secara online, kebutuhan akan informasi sangat meningkat bukan hanya dari segi informasi itu sendiri yang dibutuhkan tapi informasi juga dituntut untuk dapat diakses lebih cepat, lebih akurat, dan lebih mudah. Chatbot bekerja untuk menggantikan peranan manusia dalam melayani pembicaraan melalui aplikasi pesan. Chatbot yang dikembangkan diberikan nama HangtuahBOT. HangtuahBOT menggunakan teknologi Natural Language Processing (NLP) dengan Knowledge Base dari sapaan yang biasa dilakukan, salam pembuka dan dari kata kunci yang sering di tanyakan oleh calon mahasiswa baru. Chatbot ini di buat dengan menggunakan Pemrogram Python. Keywords: chatbot, pelayanan, mahasiswa baru, python, hangtuahBotchatbot
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN E-RECRUITMENT KEPERAWATAN BERBASIS WEB PADA RUMAH SAKIT SANSANI PEKANBARU: SISTEM INFORMASI MANAJEMEN E-RECRUITMENT KEPERAWATAN BERBASIS WEB PADA RUMAH SAKIT SANSANI PEKANBARU Suherman Sohor
Jurnal Ilmu Komputer Vol 11 No 1 (2022): Jurnal Ilmu Komputer
Publisher : STMIK Hang Tuah Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33060/JIK/2022/Vol11.Iss1.250

Abstract

Abstract The Hospital Sansani a Private Hospital located in at Soekarno Hatta (Arengka Up) Subdistrict Sidomulyo West. Know where this Sansasi Hospital , has branches still in Riau Pekanbaru city . Similarly, what happened to the Hospitas Sansani Pekanbaru, the number of employees of each division requests that require the skilled workforce and professional in his work . E-Recruitment is a method of recruitment of new candidates for employment with the company through all the stages which have been provided by the company and the use of modern electronic communication media such as the Internet , so that recruitment can be carried out quickly and precisely in order to obtain employment in accordance with needs of the company . To obtain the necessary data for the study , the methodology used , the stages are: analysis , design , coding and testing , implementation , and maintenance . And through activities including: collecting data by interview , observation , and literature . The data obtained were then analyzed and described using object -oriented modeling method. The results of this study in the form of e - recruitment applications that can provide ease in the process of hiring and getting the appropriate man power criteria. Keywords: Information System, PHP, MySql Abstrak Rumah Sakit Sansani merupakan rumah sakit swasta berkedudukan di Jl. Soekarno Hatta (Arengka Atas) Kecamatan Sidomulyo Barat, di mana Rumah Sakit Sansasi ini, memiliki beberapa cabang yang masih berada di kota Pekanbaru. Rumah Sakit Sansani, pada dasarnya banyak membutuhkan para tenaga kerja yang terampil dan profesional dalam pekerjaannya. E-Recruitment merupakan sebuah metode perekrutan para calon tenaga kerja baru di Rumah Sakit Sansani dengan melewati segala tahapan-tahapan yang telah diberikan oleh Rumah Sakit tersebut dan menggunakan media komunikasi elektronik modern seperti internet, sehingga perekrutan dapat dilaksanakan secara cepat dan tepat guna mendapatkan tenaga kerja yang sesuai dengan kebutuhan Rumah Sakit. Untuk memperoleh data-data yang diperlukan selama penelitian, Dalam melakukan penelitian metodologi yang digunakan adalah waterfall. Selain metoda waterfal dilakukan juga kegiatan lain seperti : pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan studi pustaka. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dan digambarkan dengan menggunakan metode pemodelan yang berorientasi Iptek. Hasil dari penelitian ini dalam bentuk aplikasi E-Recruitment yang dapat memberikan kemudahan dalam proses perekrutan karyawan untuk mendapatkan tenaga kerja sesuai kriteria yang diinginkan. Kata Kunci : Sistem Informasi, PHP, MySql
APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN HURUF DAN ANGKA UNTUK ANAK USIA DINI BERBASIS ANDROID (STUDI KASUS DI PAUD PARAHYANGAN) Yuda Irawan; Wulansari; Edriyansyah
Jurnal Ilmu Komputer Vol 11 No 1 (2022): Jurnal Ilmu Komputer
Publisher : STMIK Hang Tuah Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33060/JIK/2022/Vol11.Iss1.251

Abstract

Penelitian ini membahas tentang perancangan dan pembuatan aplikasi media pembelajaran huruf dan angka untuk anak usia dini pada paud parahyangan dengan memanfaatkan perkembangan teknologi yaitu melalui smartphone berbasis android. Pembuatan aplikasi media pembelajaran huruf dan angka ini dengan menggunakan software berbasis Java dan XML. Pengembangan aplikasi ini menggunakan model waterfall. Aplikasi ini menampilkan informasi tentang pembelajaran huruf dan angka yang akan dibagi kedalam 4 kategori, yaitu : belajar, video belajar, quiz, dan bantuan. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan animasi-animasi menarik pada tampilan. Berdasarkan pada hasil uji coba, aplikasi ini dapat berjalan dengan baik pada perangkat berbasis android dengan versi icecream keatas.

Page 1 of 2 | Total Record : 13